Jumat, 20 Mei 2016

Jenis-Jenis Cumi-cumi yang ada DI INDONESIA

Ikan Cumi-cumi adalah sejenis ikan laut yang memiliki bentuk tubuh agak aneh dari ikan laut pada umumnya, bentuk tubuh ikan cumi-cumi adalah silinder kerucut memanjang dengan warna dasar bening kaca transparan disertai warna-warna lainnya sesuai kamuflase pada area tempat ikan cumi-cumi itu berada. Habitat ikan cumi-cumi ada pada perairan dangkal maupun perairan dalam, yang umum banyak dijumpai oleh masyarakat adalah pada perairan dangkal sampai kedalaman ± 300 M dibawah permukaan laut.
Ikan Cumi-cumi mempunyai 3(tiga) macam jenis keluarga diantaranya adalah sebagai berikut  :
  1. Cumi-cumi Sotong
  2. Cumi-cumi Karang
  3. Cumi-cumi Blakutak
1. Cumi-cumi Sotong atau Ikan Cumi-cumi.
cumi-cumi bertelur_01a
ikan cumi-cumi 
Ikan Cumi-cumi Sotong adalah sebutan untuk ikan cumi-cumi biasa yang memiliki tubuh besar dan panjang dengan garis tengah kira-kira diatas 5 Cm dan panjangnya bisa mencapai antara 20 ~ 30 Cm, usianya kemungkinan sudah diatas 2 tahunan. Ikan Cumi-cumi biasa maupun ikan Cumi-cumi Sotong paling disukai oleh banyak orang karena memiliki daging yang lezat rasanya walaupun dimasak dengan cara yang sederhana sekalipun.
Dan sangat disukai oleh nelayan tradisional untuk ditangkap dan dijual kepasar, karena harga ikan cumi-cumi cukup mahal harganya, jadi para nelayan sangat antusias untuk memburu dan menangkapnya walaupun sampai ditengah lautan pada malam hari. Ikan cumi-cumi baru bisa ditangkap kalau cuaca sudah malam hari dengan gelap bulan, cara menangkapnya juga bermacam-macam, ada yang menggunakan Jaring Serokan, Jaring Bagan dan dipancing dengan menggunakan alat pancing khusus yaitu Pancing Cumi.


2. Cumi-cumi Karang atau Ikan Cumi-cumi Kadut.
cumi-cumi karang_03a
 cumi-cumi karang_02a
 cumi-cumi karang_01a

3. Cumi-cumi Blakutak atau Ikan Cumi-cumi Blakutak.
cumi-cumi blakutak
 cumi-cumi blakutak_01
 cumi-cumi blakutak_02

Tidak ada komentar:

Posting Komentar