Jumat, 20 Mei 2016

Jenis Cacing Umpan Mancing

Cacing adalah organisme multiseluler yang umumnya terlihat dengan mata telanjang dalam tahap dewasa. Cacing merupakan hewan hemaprodit yang berkelamin ganda dan pembuahan dilakukan di dalam tubuh cacing itu sendiri. Cacing Merupakan Hewan yang sering diburu selain karena untuk kesehatan tetapi juga untuk umpan memancing ikan yang ampuh. berikut cacing-cacing yang biasa di gunakan untuk umpan memancing:

  • Cacing Tanah ( acanthodrilidae )

The Acanthodrilidae adalah keluarga kuno dan didistribusikan secara luas dari cacing tanah yang memiliki perwakilan asli di Australia ,Selandia Baru , Afrika Selatan , Amerika Selatan , dan Amerika Utara . Tidak ada spesies asli yang dikenal dari India (lih Octochaetidae ) maupun Asia . Keluarga mungkin menunjukkan pra Pangaean distribusi. 

Ikan bisa di dapat : udang galah, Ikan patin, baung, sembilang, pari sepat, betok, betutu, seluang, nilem, mas, mujair, lele, gabus, tilan, dan lain sebagainya.

  • Cacing Gelang ( Perionyx excavatus )
Perionyx excavatus adalah diproduksi secara komersial cacing tanah . Nama-nama populer untuk spesies ini termasuk cacing kompos, biru , atau biru India . Spesies ini dipasarkan karena kemampuannya untuk membuat coran cacing baik cepat. Baru-baru ini telah menjadi lebih populer di Amerika Utara untuk tujuan pengomposan.

Kelebihan : lebih mengeluarkan bau amis yang tajam sehingga ikan cepat mendapat respon keberadaan cacing atau umpan kita
Ikan yang di dapat : Ikan Gabus, Lele, Tilan, Baung, Sembilang, Betutu, serontok, goby

  • Cacing Lautpolychaeta )
Polychaeta adalah kelas cacing annelida yang umumnya hidup di laut,sebagian juga ditemukan di sungai dan danau (air tawar) dan sebagin lainnya ditemukan di darat (terrestrial). Seluruh permukaan tubuh polychaeta mengandung rambut-rambut kaku atau setae yang dilapisi kutikula sehingga licin dan kaku. Tubuhnya berwarna menarik, seperti ungu kemerah-merahan.

Jenis ikan Target : Ikan sembilang, ikan pari, ikan kepala batu, ikan lundu, ikan baung, ikan cendro, ikan kacang-kacang

  • Cacing Nipah
Cacing ini merupakan cacing yang memiliki panjang tubuh bisa mencapai 2,5 meter dan memiliki kaki kaki halus seperti rambut dan memiliki mulut yang bisa mengigit. Seperti namanya cacing ini hidup di hutan bakau atau lebih banyak sering ditemui pada batang nipah atau sejenis palem-paleman yang membusuk.

Ikan target :Udang gala, ikan lundu, ikan  sembilang, ikan pari, ikan cendro, ikan lepuh, ikan kepala batu, ikan lele, ikan betutu, dan sebagainya tetapi lebih cendrung ke ikan bakau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar